AMD telah berbagi beberapa informasi tentang perkembangan unit semi-custom secara umum serta perkiraan penciptaan APUs untuk konsol game generasi baru pada khususnya. Rupanya, AMD mulai berbicara tentang chip untuk konsol next-gen pada tingkat arsitektur empat tahun lalu, ketika tidak ada bagian dari chip saat ini. Anehnya, tidak ada pemegang platform yang tahu bahwa AMD juga mengembangkan chip untuk perangkat bersaing."Dengan semi-custom [APUs] kita berbicara kepada pelanggan kami pada tingkat arsitektur tentang solusi, bukan produk yang sebenarnya. Keterlibatan yang kita miliki dengan pelanggan konsol permainan dimulai beberapa tahun yang lalu. Kemudian arsitek dari pihak kami dan arsitek dari sisi mereka duduk untuk memutuskan apa yang mereka inginkan [secara umum], apa yang mereka inginkan dalam silikon dan apa yang mereka inginkan dalam perangkat lunak. Kemudian kami mengembangkan solusi yang khusus untuk pelanggan kami, "kata Saeid Moshkelani, wakil presiden AMD dan general manager dari unit bisnis semi-kustom perusahaan, dalam sebuah wawancara dengan Engadget situs web.
Sejak perjanjian APU semi-custom sangat rahasia, baik dari pemegang Platform - Microsoft, Nintendo dan Sony - menyadari bahwa AMD mengembangkan chip untuk konsol game bersaing. Sementara Nintendo disukai untuk merancang sebuah chip yang sangat hemat biaya untuk Wii U, baik Sony dan Microsoft ingin kinerja yang lebih tinggi dan keduanya memilih teknologi yang sama: system-on-chip Fusion AMD semi-custom dengan delapan Jaguar core x86, AMD Radeon HD GCN arsitektur berasal prosesor grafis dan sebagainya. Meskipun demikian, itu tidak berarti bahwa chip di dalam Microsoft Xbox dan Sony PlayStation One 4 tidak eksklusif. Kedua fitur APU teknologi unik yang dikembangkan terutama untuk mereka.
"Ada beberapa kekayaan intelektual yang datang dari sisi pelanggan untuk dimasukkan ke dalam chip. Ada beberapa hal yang mereka akan menentukan untuk mengembangkan secara eksklusif untuk produk tersebut dan kami mengembangkan itu. Ada, tentu saja, IP yang digunakan oleh produk lainnya dari AMD, misalnya mikroprosesor core Jaguar, mesin grafis, display dan kecepatan tinggi I / Os yang umum untuk produk kami. Tapi ada juga blok khusus yang baik datang dari pelanggan yang secara eksklusif atau membangun untuk pelanggan itu, "jelas Mr Moshkelani.
Sejak ATI dan kemudian AMD telah berkolaborasi dengan Microsoft dan Nintendo selama bertahun-tahun sekarang, mereka mendiskusikan peluang teknologi untuk next-gen secara relatif teratur. Ketika datang bekerjasama dengan Sony dan pengembangan APU untuk PlayStation 4, maka butuh waktu sekitar empat tahun untuk menentukan, merancang dan membangun produk.
"Dengan Sony, hubungan dimulai sekitar empat tahun yang lalu dari" bagaimana jika "analisis dan model bisnis untuk spesifikasi sekitar dua tahun yang lalu untuk pelaksanaan dan aktual peluncuran produk," kata wakil presiden AMD.
Baik Microsoft, maupun Sony, rinci perangkat keras di dalam chip untuk kekuatan Xbox One dan PS4 sepenuhnya, tetapi hanya secara umum disebutkan delapan unit pengolahan tujuan umum x86 serta AMD Radeon HD inti grafis kustom. Menurut Mr Moshkelani, APUs mengandung agak sangat penuh fitur dan "hampir setiap jenis pengolahan media yang Anda bisa bayangkan di sana" (untuk CD, DVD, Blu-ray, Blu-ray 3D, Blu-ray masuk Format 4K dengan codec HEVC, streaming musik / video dan berbagai keperluan lainnya), blok khusus untuk streaming video atau mengakses konten di Internet (kemampuan keamanan yang dibutuhkan oleh pemilik konten), perangkat keras video upscaling (mungkin, untuk kelas atas video full-HD/1080p 4K layar) dan blok lainnya.
"Butuh waktu kurang dari dua tahun, dari waktu yang kita mulai [merancang chip] untuk melihat mereka [konsol] di lantai di E3. Dari desain dan implementasi perspektif, mereka [APUs untuk konsol next-gen] sangat-sangat menantang, tapi pada saat yang sama hanya ada beberapa perusahaan di dunia yang benar-benar dapat merancang, menerapkan dan melaksanakan proyek-proyek kompleks ini, "menyimpulkan Saeid Moshkelani, wakil presiden AMD dan general manager dari unit bisnis semi-kustom perusahaan